Habitat Lumba-Lumba di Teluk Kilauan Lampung


Pantai Kiluan atau Teluk Kiluan merupakan Wisata Lampung yang berada di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Di Teluk Kiluan ini, anda dapat menyaksikan pemandangan lumba-lumba yang menari-nari di atas air laut yang jernih, serta tentunya hamparan pasir putih bersih di bibir pantainya.


Teluk Kiluan ini merupakan jalur migrasi dua jenis lumba-lumba, yaitu lumba-lumba mulut botol (Tursiops truncatus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris). Jumlah hewan menakjubkan tersebut yang melintas di teluk ini diperkirakan mencapai ribuan. Konon, jumlah lumba-lumba yang melintasi Teluk Kiluan adalah jumlah terbesar di dunia.

Teluk Kiluan banyak yang mengatakan sebagai destinasi wisata pantai di Lampung yang paling populer. Untuk mencapai ke lokasi, anda harus menempuh jarak sekitar 80 km dari Kota Bandar Lampung.


Panorama pantai yang indah dan tenang tersebut tidak hanya menarik wisatawan lokal tetapi juga dari wisatawan mancanegara. Beberapa wisatawan menyebutkan bahwa atraksi lumba-lumba di Teluk Kiluan Lampung lebih eksotis dibandingkan dengan atraksi lumba-lumba di Pantai Lovina, Bali dimana hanya terdapat satu jenis saja lumba-lumba yang melintas di sana. Atraksi lumba-lumba di teluk ini hampir dapat disaksikan setiap hari, tentunya dengan mengingat faktor cuaca. Tak perlu susah mencari lumba-lumba, sebab lumba-lumba ini biasanya akan mendekati perahu seolah ingin unjuk kebolehan dan menyambut kedatangan tamu dengan bersahabat.

3 Responses to "Habitat Lumba-Lumba di Teluk Kilauan Lampung"

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda, saya juga punya tulisan yang sejenis tentang destinasi wisata indonesia, anda dapat mengunjungi di http://indonesia.gunadarma.ac.id/

    ReplyDelete